MICHAEL BUBLE : ELEGANT, PASSIONATE, SOULFUL

Michael Buble adalah sosok musisi yang hebat. Disaat beberapa teman seangkatannya mulai kehilangan pegangan, dia justru makin kuat berdiri di posisinya saat ini. Buble, selalu berhasil merasuki para pecinta musik, lewat deretan lagunya. Nggak ada yang aneh dari rahasia sukses Buble. Dia cuma melakukan yang terbaik yang bisa dibuatnya. Saat dia menyadari bahwa rock and roll bukanlah musik yang cocok baginya, jazz yang jadi pilihannya.
Dengan modal lagu-lagu cinta bernuansa jazz yang soulful, Buble terbilang sukses. Barisan lirik romantis nan cerdasnya, sukses membuat jutaan pecinta musik terpesona. Buktinya, lihat aja penjualan album-album yang pernah dirilis Buble. Pasti mencapai hasil yang memuaskan.

Formula lagu emang jadi senjata mau Buble. Simpel, tapi menohok. Lirik romantis, notasi catchy, progresi yang nggak monoton, serta aransemen musik yang easy listening, kerap diusung Buble. Hal ini lah yang menjadi alasan kenapa musik Buble selalu bisa diterima oleh banyak orang.

“Saya selalu yakin bahwa musik kayak gini, dan lirik yang romantis, pasti akan selalu punya tempat di hati tiap orang,” jelas Buble dalam sebuah wawancara.

Jadi, udah tahu dong, kenapa Buble bisa terus eksis di blantika musik dunia? Nggak perlu ada tren musik jazz, Buble udah berhasil jadi solis besar.

INFLUENCE
Apalah artinya seorang musisi tanpa adanya influence bermusik? Tentunya tiap musisi punya idola, yang dijadikan inspirasinya dalam bermusik.

Begitu juga halnya dengan Buble. Dia mengakui beberapa nama sebagai influence-nya dalam bermusik.

Waktu remaja, Buble sempat bersikeras untuk mendengarkan rock and roll dan modern music lainnya. Maklum, waktu itu remaja lainnya juga lagi tergila-gila dengan rock and roll. Tapi diakuinya bahwa dia sempat stres. Karena ada beberapa momen dimana dia nggak bisa menikmati musik-musik seperti itu.

Sampai akhirnya kakeknya memainkan musiknya Mills Brothers pada Buble. Lantunan musik jazz nan elegan itu lah yang berhasil mencuri hati dan pikiran Buble.

“Saat itu seperti keajaiban. Saya langsung jatuh cinta dengan musik seperti itu. Semuanya berlangsung dengan sangat cepat. Saat itu juga saya langsung yakin, bahwa itu lah musik yang ingin saya mainkan,” tambah Buble.

Musik jazz, dan lirik yang romantis jadi pilihannya sejak saat itu. Buble pun makin yakin bahwa dia pengen jadi penyanyi.

Seiring perjalanan, makin banyak nama musisi yang menurut Buble jadi influence-nya. Mulai dari Frank Sinatra, Ella Fitzgerald, sampai Tony Bennet. Jangan heran, jack! Deretan musisi itu emang punya lagu-lagu yang berkualitas tinggi. Mereka adalah legenda di ranah jazz. Bukan hal yang aneh kalo Buble mengidolakan mereka. Dan bukan mustahil juga kalo Buble pengen berada di posisi yang sama dengan idolanya.

from. hai-online

Comments