Konser Amal Untuk Yudhi Grass Rock feat. Iwan Fals, Slank, Ungu & Friends

Sedikitnya 10 artis papan atas negeri ini akan berkonser di MU Café, Sarinah Thamrin, Jakarta pada hari Minggu, 10 Januari mendatang guna menggalang dana pengobatan bagi Yudhi Tamtama Adji, bassis Grass Rock yang kini tengah terbaring sakit sirosis hati dan paru-paru. Artis-artis tersebut antara lain Iwan Fals, Slank, Ungu, Ahmad Dhani, ADA Band, Drive, Blackout, Totok Tewel dan tentunya Grass Rock. Sementara masih dalam tahap konfirmasi untuk bergabung adalah GIGI dan Andra and the Backbone.
Konser amal bertajuk Rock Charity For Yudhi Grass Rock ini akan digelar pukul 17:00 hingga 22:00 WIB dan untuk menyaksikannya para penonton diwajibkan mendonasikan Rp 50 ribu sebagai tanda masuk. Seluruh dana yang terkumpul dalam acara ini nantinya akan disumbangkan kepada pihak keluarga Yudhi.

Bagi mereka yang berdomisili di luar kota atau tak dapat hadir ke konser amal ini namun ingin memberikan donasi dapat mengirimkannya ke nomor rekening BCA 5700095179 atas nama Iffet Veceeha Sidharta (Bunda Iffet Slank).

“Acara ini kami gagas spontan saja dengan dukungan teman-teman media juga. Kebetulan aku, Yudhi dengan Bimbim, Kaka, Massto, Denny AR (Slank) kan masih ada hubungan saudara juga satu sama lain,” jelas Rere, drummer Grass Rock saat dihubungi Rolling Stone via telepon.

Belakangan selama masa vakum Grass Rock, Yudhi memang aktif membantu di balik layar segala aktifitas Slank termasuk di antaranya menulis bagi Koran Slank.

Yudhi, 45 tahun, menderita penyakit sirosis hati dan paru-paru sejak beberapa waktu yang lalu. Ayah dari 4 orang anak ini kini masih terbaring lemah di RS Pelni Petamburan, Jakarta.

“Organ hatinya sudah hampir tidak berfungsi sekarang. Beliau menderita sakit ini sudah lama dan sudah ketiga kalinya kambuh dan dirawat di rumahsakit, terakhir kalinya 9 bulan lalu,” kata Rere.

Setelah sempat dirawat di ruang ICU kini kondisinya mulai membaik dan telah dipindah ke ruang perawatan biasa. “Kondisinya tidak stabil, kadang membaik dan kadang memburuk. Beberapa hari lalu dia sempat menelpon saya dan kami ngobrol seperti biasa tapi tadi pagi istrinya memberitahu saya kondisinya ngedrop lagi,” cerita drummer yang sempat membantu ADA Band ini.

“Dia merupakan figur yang bisa mendinginkan suasana di saat kami –antar personel - di band sering kali berbeda pandangan dengan kerasnya. Dia paling aktif juga memotivasi kami untuk terus kreatif mencipta lagu,” kenang Rere.

Menurut Rere, orang tua Yudhi merupakan salah satu penyokong aktif Grass Rock ketika pertama kali terbentuk dulu. Kediamannya di Surabaya merupakan salah satu pusat berkumpulnya para musisi yang dikemudian hari menjadi terkenal namanya di Indonesia. “Sebelum kami ikut kompetisi rock, ayahnya Yudhi membelikan kami seperangkat alat-alat musik untuk berlatih,” kenangnya lagi.

Grass Rock merupakan band hard rock/progressive rock asal Surabaya yang sangat terkenal di Indonesia sejak pertengahan dekade 80-an hingga awal 90-an. Formasi mereka yang paling solid adalah Dayan (vokal), Eddy Kemput (gitar), Yudhi (bass), Rere (drums) dan Mando (keyboards). Hingga kini mereka telah merilis empat album: Anak Rembulan (1990), Bulan Sabit (1992), Grass Rock (1994) dan Menembus Jaman (1998). Beberapa nomor hits Grass Rock yang cukup populer di tanahair antara lain, “Anak Rembulan (Peterson)”, “Bersamamu” dan “Gadis Tersesat”.

Sejak terbentuk tahun 1984 mereka telah empat kali mengikuti kompetisi legendaris Djarum Super Rock Festival yang digelar kaisar bisnis rock Log Zhelebour. Tahun pertama mereka gagal, tahun 1985 menjadi juara ketiga, dan tahun 1986 dan 1987 mereka menjadi juara pertama dan Rere juga terpilih sebagai drummer terbaik berturut-turut pula. Tahun 1986 mereka juga sempat dipilih Log Zhelebour untuk menjadi band pembuka bagi tur 10 kota God Bless.

Usai merilis Menembus Jaman, tahun 1999 Grass Rock ditinggal Dayan, vokalis mereka yang meninggal dunia karena sakit. Sejak saat itu Grass Rock mengalami vakum berkepanjangan hingga sekarang. Di tahun 2001 sebenarnya mereka sempat reuni dengan merekrut vokalis baru dan berencana merilis album baru namun sayangnya berbagai label rekaman menyambutnya dengan dingin saja. Kebetulan trend musik tanahair saat itu juga sangat berbeda dengan ketika mereka pertama kali muncul dulu.

Belakangan sejak awal tahun lalu Grass Rock tengah mempersiapkan album kelima mereka dengan vokalis dan bassis baru. Hans Sinjal, vokalis yang menggantikan Dayan mereka rekrut berkat jaringan Facebook sementara bassis Ersta Strya Nugraha yang sementara mengambil alih posisi Yudhi masuk berkat rekomendasi Rere yang mengenalnya semasa membantu Yovie & Nuno dan Project Pop.

Album baru Grass Rock yang belum berjudul dan kabarnya segera rilis ini selain memuat lagu-lagu dari formasi baru mereka juga akan memasukkan lagu-lagu lama dengan vokal Dayan yang belum sempat dirilis sebelumnya ke pasaran.

from. rollingstones indonesia

Comments